Diberdayakan oleh Blogger.

MY LOVE, MY DREAM, MY PASSION

RSS

Validitas Instrumen


Validitas instrument
Suatu instrument dikatakan valid jika instrument yang digunakan dapat mengukur apa yang hendak diukur, Gay (1983). Validitas suatu instrument  penelitian, tidak lain adalah derajat  yang menunjukkan dimana suatu tes mengukur apa yang hendak diukur. Prinsip suatu tes adalah valid, tidak universal. Validitas suatu tes yang perlu diperhatikan oleh para peneliti adalah bahwa ia hanya valid untuk suatu tujuan tertentu saja. Tes valid untuk bidang studi matematika belum tentu valid untuk bidang yang lain, misalnya bidang fisika. Derajat validitas hanya berlaku untuk suatu kelompok tertentu yang memang  telah direncanakan pemakaiannya oleh peneliti.
Secara metodologis, validitas suatu tes dapat dibedakan menjadi empat macam, yaitu
·         Validitas isi
Validitas isi adalah derajat dimana sebuah tes mengukur cakupan subtansi yang diukur. Untuk mendapatkan validitas memerlukan dua aspek penting, yaitu valid isi dan valid teknik samplingnya. Validitas isi pada umumnya ditentukan melalui pertimbangan para ahli. Tidak ada formula matematis untuk menghitung dan tidak ada car untuk menunjukkan cara secara pasti. Tetapi untuk memberikan gambaran bagaimana suatu tes divalidasi dengan menggunakan validitas isi, pertimbangan para ahli dilakukan sebagai berikut.
Para ahli, pertama diminta untuk mengamati secara cermat semua item dalam tes yang hendak divalidasi. Kemudian mereka diminta untuk mengoreksi semua item dalam tes yang telah dibuat. Dan pada akhir perbaikan, mereka juga diminta untuk memberikan pertimbangan tentang bagaimana tes tersebut menggambarkan cakupan isi yang hendak diukur.
·         Validitas konstruk
Validitas konstruk merupakan derajat yang menunjukkan suatu tes mengukur sebuah konstruk sementara atau hypothetical construct. Konstruk secara definitive, merupakan suatu sifat yang tidak dapat diobservasi, tetapi kita dapat merasakan pengaruhnya melalui satu atau dua indra kita.
Proses melakukan validasi konstruk dapat dilakukan dengan cara melibatkan hipotesis testing yang dideduksi dari teori yang menyangkut dengan konstruk yang relevan.
·         Validitas konkuren
Validitas konkuren adalah derajat dimana skor dalam suatu tes dihubungkan dengan skor lain yang telah dibuat. Validitas konkuren ditentukan dengan membangun analisis hubungan atau pembedaan.  Hasil yang dicapai atau koefisien validitas yang muncul menunjukkan derajat hubungan validitas tes baru. Jika koefisien tinggi, berarti tes yang baru tersebut mempunyai validitas konkuren yang baik. Sebaliknya tes yang baru dikatakan mempunyai validitas konkuren jelek, jika koefisien yang dihasilkan rendah.
·      Validitas prediksi
Validitas prediksi adalah derajat yang menunjukkan suatu tes dapat memprediksi tentang bagaimana seseorang akan melakukan suatu prospek tugas atau pekerjaan yang direncanakan.
Validitas prediksi suatu tes pada umumnya ditentukan dengan membangun hubungan antara skor tes dan beberapa ukuran keberhasilan dalam situasi tertentu yang digunakan untuk memprediksi keberhasilan atau disebut predictor.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar